Sumber informasi untuk Ibu dan Ayah Belajar

Saat hamil, saya berpikir, apa yang harus dipelajari ya… Melihat pengalaman kakak saya mengurus anak, hehe jelas cuapeknya poll. Dan tidak hanya mengandalkan naluri ibu dan tradisi yang ada, dengan ilmu pengetahuan yang berkembang pesat sekarang, kita dapat memanfaatkan untuk memberikan pengasuhan dan pendidikan yang lebih mumpuni.

Memegang peran baru, memberikan suatu tanggung jawab baru. Dan yang saya pahami, apa yang dilakukan oleh orang tua (fokusnya di sini sang ibu) akan memiliki efek untuk kehidupan anaknya. Melihat pengalaman ibu yang lain, saya melihat seringkali kita kurang pengetahuan misal soal menyusui sehingga mengalami pengalaman yang traumatis, atau bahkan tentang kehamilan sendiri misalkan tentang asupan apa saja yang baik dan esensial selama kehamilan itu juga akan memberikan pengaruh kepada tumbuh kembang janin dan menjadi modal ia tumbuh besar nanti. Karena ada yang mengatakan peradaban itu dimulai dari rahim ibu (seperti halnya kaum Yahudi, dimana ibu hamilnya belajar matematika dan makan kacang almond agar anaknya kelaknya memiliki intelegensi tinggi).

Bagaimana dengan saya sendiri ?

Masih belajar ini itu, meraba-raba dengan bismillah hehe… Nah, ingin membagikan pengalaman saya belajar dari Nol, karena di awal saya malah bingung harus mulai dari mana (garuk kepala).. Semoga bisa membantu memberikan ide awal dan bayangan atau referensi tambahan untuk teman-teman ya..

Berikut adalah sumber-sumber informasi yang membantu saya, mulai dari buku hingga komunitas.

Buku Hamil: “Dasyhatnya Hamil Sehat, dr. Fredrico Patria Sp.OG”

Saya mengutamakan belajar dari buku yang ditulis oleh dokter speasialis agar mendapatkan pemahaman utuh dan valid karena bersumber dari dokter dibidangnya yang telah menempa pendidikan di spesifik tersebut. Saya sendiri baru sempat khatam satu buku yaitu dasyatnya hamil sehat ditulis oleh dokter spesialis bisa dibeli di Gramedia.

download.jpg

sumber: Google search (solusibuku)

Harganya memang cukup mahal di atas 100k, tapi worthed banget pembahasannya lengkap dari tiap minggu kehamilan sehingga kita tidak panik dan dapat memperkirakan perkembangan ke depannya seperti apa. Misalnya banyak ibu yang panik dengan munculnya flek di 9 minggu awal kehamilan, dimana itu wajar. Selain itu ada bahasan lengkap tentang:

  • pertambahan ideal BB ibu
  • asupan saat hamil,
  • senam hamil,
  • penjelasan tentang hypnobirthing
  • proses melahirkan,
  • isi hospital bag
  • merawat new born (memandikan, membedong, dll)
  • hingga perawatan ibu paska melahirkan.

Saya sarankan selesai dibaca sebelum melahirkan ya agar mendapatkan gambaran proses hamil melahirkan seperti apa dan apa saja yang perlu dipersiapkan.

Buku Menyusui: “Buku Pintar Asi dan Menyusui, FB Monika”

Nah, ini peralatan perang selanjutnya….Melengkapi buku kehamilan, menurut saya pengetahuan tentang menyusui adalah ilmu wajib yang harus diketahui ibu, ayah dan keluarga. Biasanaya pradigma umumnya adalah yang perlu disiapkan lebih ke pakaian peralatan dll, ya memang perlu banget, tapi dalam realitanya menyusui sebenarnya fokus lebih penting yang perlu dipersiapkan bersama oleh ayah ibu dan keluarga. Perkembangan ilmu pengetahuan sudah sangat maju dan dapat menjawab mitos-mitos yang malah dapat berdampak negatif bagi mental ibu dan perkembangan bayi.

Banyak ibu yang mengalami baby blues pasca melahirkan karena kurangnya dukungan dari suami dan keluarga. Sebaiknya calon ibu mencari informasi yang valid dan memperkenalkan serta menginfokan ke keluarga secara perlahan dan pesuasif. Agar nantinya keluarga dapat membantu ibu dalam merawat bayi terutama pada proses vital yaitu menyusui (sumber satu-satunya asupan si kecil).

Karena proses menyusui itu tidak kalah menantang dibanding waktu hamil  dan melahirkan, tetapi melihat pengalaman banyak teman, sering kali masa menyusui menjadi pengalaman yang cukup traumatis karena kurangnya pengetahuan.

Berangkat dari pengalaman yang kurang menyenangkan saat memulai menyusui mba FB Monika, satu-satunya konselor LLC dari Indonesia yang menulis buku mengenai menyusui. Bukunya berjudul Buku Pintar Asi dan Menyusui yang dapat dibeli online maupun di toko buku.

buku_pintar_asi_dan_menyusui.jpg

sumber: Bukalapak.com

Sayangnya saya baru mengetahui buku ini secara tidak sengaja di laman blog mba Grace Melia, hehe kalau tahu dari awal mungkin panik bolak balik searching di seminggu awal persalinan tidak diperlukan deh.

Buku ini lengkap berisi informasi penting mengenai menyusui yang menurut saya wajib diketahui calon ibu (jadi bacanya kalau bisa sebelum persalinan ya, supaya sudah tahu). Isinya seputar:

  • Pentingnya pengetahuan ibu tentang menyusui
  • Pentingnya Air susu ibu (ASI) untuk mengoptimalkan perkembangan anak
  • Anatomi payudara dan jenis asi (kolostrum hingga asi mature)
  • Masalah-masalah dalam menyusui dan solusinya
  • Memerah dengan tangan
  • Panduan menyapih
  • Asupan untuk ibu menyusui
  • Manajemen asip
  • dan banyak lagi

Saya sangat merekomendasikan ibu hamil dan menyusui untuk membaca buku ini, kalau bisa sebelum persalinan :).

Buku Parenting

Ada dua buku yang saya rekomendasikan:

  • Buku “Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun” terbitan TigaGenerasi

1087492_5c52bd9c-b100-4ac5-957a-1a5a343690a5

sumber gambar: tokopedia.com

Buku anti panik ini membantu ibu dan ayah agar mengetahui kiat-kiata mengurus bayi dari usia 0 hingga tumbuh kembangnya di usia 3 tahun. Kiat-kiatanya seputar:

  • Kenaikan berat badan si kecil
  • bagaimana jika anak demam, kapan perlu dibawa ke dokter
  • peran ayah dalam membantu ibu menyusui
  • sikat gigi si kecil
  • menenangkan si kecil
  • mengenal growth spurt
  • tumbuh kembang hingga 3 tathun
  • dan banyak lagi

Selain itu, penulis sangat kreatif menjabarkan  dengan gambar kartun yang menarik sehingga kita sebagai calon ibu dan ayah jadi lebih tertarik dan mendapatkan suasananya nanti saat mengurus si kecil.

Banyak tips dan to do sehingga kita bisa jauh lebih menyiapkan mental dan tahu langkah-langkanya. Saya sangat menyarankan dibaca oleh ayah dan ibu sebelum persalinan, dan nanti saat sudah ada si kecil bisa dibaca lagi dengan cepat.

  • Bunda, Sekolah Pertamaku bersama Bunda Wening (panduan islami)

986550_3b83077a-a96b-4040-a352-6d0d287028c5

sumber gambar: tokopedia.com

Buku ini sangat mencerahkan saya yang masih belajar dari nol tentang mendidik anak dengan panduan islami. Buku ditulis oleh trainer terapis dan konselor parenting. Jadi sangat saya sarankan buat teman-teman yang muslim karena berisi:

  • pembiasaan dasar islami (seperti solat)
  • calistung
  • bermain yang mencerdaskan (dibahas tentang game online)
  • dasar-dasar akhlak yang baik
  • dan tumbuh kembang anak serta stimulasinya (biar ayah ibu tidak kehabisan ide)

 

Aplikasi Prima

 

Pemantauan tumbuh dan kembang anak perlu dipantau dengan seksama apalagi di dua tahun pertama (golden age – tahap perkembangan pesat otak manusia). Tumbuh dalam artian berat badannya, dan kembang dalam artian kemampuannya (kemampuan motorik dll).

 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) merilis aplikasi gratis di Google store bernama PRIMA.

prima

sumber gambar: foodforkids.co.id

Kami tahu aplikasi ini dari dokternya si kecil. Prima sangat membantu menurut saya. Fiturnya terdiri atas:

  • Jadwal imunisasi

(dimana setahun awal banyak jadwal imunisasinya, selain catet jadwal, dan buat appointment ke RSIA, siapin kocek juga ya bapak ibu, bisa jutaan soale ^^;;. Kecuali kalau di puskesmas dapat subsidi pemerintah)

  • Grafik pertumbuhan alias growth chart (GC)

ada grafiknya WHO, nanti kita bisa input BB, panjang tubuh  anak kita untuk di-generate grafiknya berdasarkan grafik WHO.

  • Tahap perkembangan anak

stimulus apa saja yang perlu diberikan

  • Kuesioner kunjungan ke dokter
  • dll

Bisa diakses dari ponsel sehingga tidak perlu cari-cari lagi.

Jadi silakan unduh gratis di Play store, saya berikan juga tautannya. sumonggoo…

PRIMA

 

Kuesioner Pra Skrining Pertumbuhan (KPSP)

Selain aplikasi PRIMA, dokter anak si kecil juga meminta orang tua untuk memantau tumbuh dan kembang anak. Panduan yang digunakan IDAI adalah Kuesioner Pra Skrining Pertumbuhan (KPSP). Kuesionernya juga bisa diakses di website Klinik Tumbuh Kembang.

Apa sih isinya?

1. daftar stimulasi yang perlu diberikan ke bayi dari usia 0 hingga 72 bulan (biasanya persemester), panduan stimulasi ini juga ada di aplikasi PRIMA dalam bentuk pdf bisa dikirim ke surel kita. Saya cetak juga biar saya tidak lupa hehe…

setelah diberikan stimulasi kemudian..

2. daftar pertanyaan untuk memeriksa perkembangan si kecil sesuai usia (biasanya per semester) (dan petunjuk penggunaannya)

Saya sangat mengajurkan untuk mengikuti daftar stimulasinya, simpel dan mudah kok. Daftar stimulasinya mencakup stimulasi motorik kasar, halus dan kemampuan sosialisasi.

Pada dasarnya bayi itu cerdas jadi tinggal kita sebagai orang tua memberikan kesempatan si kecil untuk eksplorasi kemampuanya agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Karena era digital sekarang bisa memberikan efek baik positif maupun negatif.

Terlupa memberikan stimulasi karena ortu sibuk kerja sehingga tidak mengurus sendiri dan banyak terbantu membuat si kecil ‘anteng’ dengan gadget (karena kemudahan teknologi sekarang), malah menjadi masalah tersendiri untuk tumbuh kembangnya. Jangan sampai si kecil kehilangan kesempatannya di dua tahun pertama emasnya.

WHO, AAP dan Denver

IDAI dan kemenkes memberikan banyak panduan untuk orang tua untuk memantau tumbuh kembang si kecil.

Nah banyak disebutkan referensinya diambil dari referensi internasional seperti

American Academy of Pediatrics (AAP), WHO dan DenverII

Saya terbantu dari chart development milestone-nya denver berikut ini. Sepertinya KSPS mengikuti dari DenverII ini karena mirip sekali (emak-emak kurang ilmu jadi ngira-ngira, maapkeun ya). Sayangnya denver sudah tutup tapi materinya masih bisa diakses di website-nya.

Silakan dilihat-lihat jika tertarik ngubek-ngubek 🙂

Mailing list – Milis Sehat

Dari dokternya anak kami juga, beliau menginfokan tentang Milis Sehat yaitu mailing list yahoo yang dipelopori oleh dokter anak yaitu dr Wati dan dr Endah serta tim. Menurut mba FB Monika, ini merupakan breakthrough agar bisa lebih menjangkau masyarakat yang peduli akan kesehatan putra putrinya.

Jadi ayah dan ibu bisa mengirimkan surel untuk ditanyakan ke para orang tua yang telah menjadi member serta dokter sp anak di sana. Selain itu milis sehat juga ada situsnya dan banyaaak info di sana, jadi silakan baca webnya dulu ya sebelum bertanya.

Mailing list ini terbuka untuk umum:

Jangan lupa ikuti netiket saat mengirimkan surel pertanyaan ke mailing listnya yah:)

 

Belajar dari media sosial (FB, instagram, yotube)

Belajar yang murah meriah banyak saya temukan di media sosial, sebagai berikut:

 

dr Tiwi, SPA

dokter RSBunda yang punya youtube channel dan twitter, aktif sharing untuk masyarakat. Saya sangat sarankan nonton videonya terutama tentang stimulasi dan mpasi. Kanal youtubenya bisa di akses di sini. dr Tiwi aktif menunggah seminar yang diadakan di RS Bunda. Seminarnya sangat informatif menurut saya, seputar:

  • menyusui
  • stimulasi dini pada bayi
  • mpasi
  • gigi dan stimulasi makan
  • P3K
  • dan lain-lain

Pada materi stimulasi dini pada bayi, saya jadi lebih percaya diri memberikan stimulasi ke si kecil, misalkan memberikan tummy time dari usia dua bulan, sehingga di usia empat bulan si kecil sudah mahir tengkurap. Karena tahapan tengkurap-berguling-duduk-merangkak-berdiri-jalan dll juga berbicara merupakan suatu mata rantai. Dan yang penting memberikan kesempatan untuk anak untuk eksplorasi kemampuannya, jangan hanya dibiarkan tiduran terus. Dan kapan kita perlu memberikan stimulasinya, jangan sampai saat dia capek, ngantuk atau lapar. Orang tua yang mengetahui perkembangan otak anak di dua tahun pertamanya akan memanfaatkan dengan baik.

Selain itu soal persiapan mpasi juga banyak informasi yang belum saya ketahui dari forum ibu-ibu.

Silakan diubek-ubek kanalnya, sudah banyak videonya. Saya sangat menyarankan untuk nonton seminarnya, gratis dan informatif:)

Mba FB Monika

konselor LLC asal Indonesia yang giat menggemakan soal Meng-Asi-hi, banyak informasi dari laman Facebooknya: FB Fb Monika

Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI)

Silakan lihat facebooknya: AIMI

 

Kurang lebih itu, semoga dapat membantu. Happy learning :)9

Iklan

2 respons untuk ‘Sumber informasi untuk Ibu dan Ayah Belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s